Kampus PENDIDIK Jl. Cut Nyak Dien 4a Ploso Pacitan (Pengumuman Mahasiswa lihat di kategori Info Mahasiswa)
Selamat datang di blog ICON STKIP PGRI Pacitan, kritik dan saran silahkan kirim ke iconstkip@gmail.com

Minggu, 10 April 2011

GUI Sederhana dengan menggunakan pemrograman pragmatikal di MATLAB

Sebelumnya kita harus mengerti apa itu GUI. Sebuah "Graphical User Interface (GUI)" merupakan tampilan grafis yang mengandung alat-alat atau komponen-komponen yang memampukan pengguna untuk melakukan pekerjaan interaktif. Untuk melakukan pekerjaan ini, pengguna dari GUI tidak perlu membuat script atau mengetik perintah di command line. Sering sekali, user tidak perlu tahu detail dari pekerjaan yang dilakukan.

Komponen GUI dapat berupa menu, toolbar, push button, radio button, list box, dan slider. di software MATLAB®, GUI dapat juga menampilkan data dengan bentuk tabular atau sebagai plot, dan dapat dikelompokkan ke dalam komponen yang berkaitan.

UI ini mengandung:
-sebuah kompone push button
-sebuah edit box komponen
ketika anda mengklik push button, pada edit box akan muncul tulisan "Hello World".

Bagaimana GUI ini bekerja?
Setiap komponen, dan GUI tersebut, diasosiasikan dengan satu atau lebih rutin yang ditulis pengguna yang dikenal sebagai callback. Eksekusi setiap callback dipicu oleh aksi tertentu dari pengguna seperti tombol ditekan, klikan mouse, pemilihan menu item, atau cursor melewati sebuah komponen. Kita sebagai pembuat GUI, yang menyediakan callback tersebut.

Lalu apa itu callback?
Sebuah callback merupakan fungsi yang kita tulis dan asosiasikan dengan sebuah komponen tertentu pada GUI atau dengan GUI itu sendiri. Callback mengontrol sifat GUI atau komponen dengan melakukan beberapa aksi untuk merespon kejadian pada komponennya tersebut. Kejadian dapat berupa mouse diklik pada sebuah push button, pemilihan menu, keyboard ditekan, etc.

0 komentar:

Posting Komentar

Forum TI
Posting pesan anda
Nama
Email
pesan
Security Code